Depresi Adalah Gangguan Kesehatan Yang Menyeramkan?

Definisi Depresi

Semua orang pasti memiliki masalah, tidak ada satu pun manusia yang terbebas dari permasalahan. Kehidupan ini seperti memaksa kita untuk terus berpikir bagaimana menemukan solusi yang tepat atas setiap permasalahan. Dalam menghadapinya, kita pun dituntut untuk bersikap bijaksana dan melakukan manajemen stres maupun waktu. Mengapa manajemen stres diperlukan ketika menghadapi masalah? Karena jika kita tidak memiliki pengaturan stres yang benar, maka tekanan yang ada akan berpengaruh kepada kesehatan mental kita dan inilah yang menyebabkan seseorang mengalami depresi.

Menurut DR. Namora Lumongga dalam bukunya yang berjudul Depresi: Tinjauan Psikologis, depresi adalah gangguan kesehatan mental yang terjadi ketika seseorang mengalami stres yang tak kunjung reda. Depresi bisa berawal dari kejadian yang membuat sedih seseorang namun tak kunjung terselesaikan atau dari masalah yang tak kunjung mendapatkan solusi hingga membuat si penderita tertekan. Kesedihan memang wajar dirasakan oleh setiap manusia, namun jika berlarut-larut lamanya dan sudah melewati masa sulit tersebut, ini bisa menjadi awal dari depresi.

Faktor Resiko Depresi

Setiap orang memang bisa merasakannya, namun tergantung dari kepribadian individu itu sendiri ketika menghadapi masalahnya. Dilansir dari Halodoc, orang yang bisa mengalami depresi seringkali adalah mereka yang memiliki anggota keluarga yang pernah menderita depresi juga di masa lampau. Dari faktor internal seperti rendahnya percaya diri, selalu pesimis, menilai diri sendiri dengan terlalu keras juga berpengaruh pada timbulnya depresi. Selain itu, ketika seseorang mengonsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol maupun ketika mereka sedang mengidap penyakit kronis tertentu juga dapat meningkatkan resiko mengalami depresi.

Hubungan antara penyakit kronis dengan munculnya depresi adalah karena biasanya seseorang yang terkena penyakit serius seperti diabetes, penyakit jantung koroner, kanker, HIV/ AIDS, maupun penyakit berat lainnya dapat meningkatkan tingkat stres seseorang. Mereka pasti memikirkan tentang kesehatannya, apakah bisa sembuh atau tidak, cemas bagaimana dengan perlakuan keluarganya nanti ketika dia sakit, stres karena melakukan aktivitas pun menjadi terbatas.

Gejala Umum Depresi

Tidak semua orang mengalami gejala ini, namun ini lah gejala-gejala depresi yang paling sering dirasakan oleh orang-orang. Di antaranya adalah:

  1. Sering cepat merasa kelelahan walaupun tidak melakukan aktivitas yang berat sekalipun.
  2. Selalu merasa bersalah dengan apa yang terjadi dan berhubungan dengan dirinya.
  3. Cepat merasa putus asa, rendah diri, dan merasa tidak berharga.
Depresi Adalah Gangguan Kesehatan Yang Menyeramkan
Sumber gambar: unsplash.com
  • Perubahan suasana hati yang mudah memburuk atau merasa sedih yang berkelanjutan padahal kejadian yang membuat sedih sudah berlalu sangat lama.
  • Mudah menangis.
  • Mudah marah dan sangat sensitif.
  • Stres yang dirasakan daoat berpengaruh juga pada siklus menstruasinya yang tidak teratur.
  • Timbul pikiran untuk menyakiti diri sendiri atau bahkan percobaan bunuh diri.

Cara Mengatasi Depresi

Depresi yang tidak mendapatkan penanganan dapat memperburuk kesehatan mental si penderita. Maka dari itu, orang yang depresi perlu diberikan dukungan dan segera mendapatkan pengobatan dari ahlinya seperti berkonsultasi dengan psikologi atau psikiater. Dan nantinya penderita depresi akan mendapatkan terapi seperti psikoterapi, Cognitive Behavior Therapy atau CBT, Problem Solving Therapy atau PST, Interpersonal Therapy atau IPT, dan terapi psikodinamis. Dari terapi yang dilakukan, terkadang psikiater juga meresepkan obat untuk penenangan diri pasien atau membantu mengendalikan pola tidur pasien yang sudah tidak sehat. Karena terkadang penderita depresi juga memiliki permasalahan dengan pola tidur, entah mereka terlalu sering tidur atau bahkan tidak merasa ingin tidur sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *